Kabel Jaringan

Pada posting ini penulis membahas tentang kabel jaringan. Tetapi tidak semua macam kabel jaringan. Penulis hanya membahas tentang kabel jaringan yang sering didengar dengan nama Kabel UTP (Unshielded twisted pair ).Kabel UTP ada 2 jenis, yaitu:
> Striaght
> Cross

Kabel ini terdiri dari delapan warna;
* Putih Orange
* Orange
* Putih Hijau
* Hijau
* Putih Biru
* Biru
* Putih Coklat
* Coklat

Cara pemasangan kabel UTP pada RJ45 tidak bisa seenaknya saja. Kita harus mengikuti standar yang sudah ada. Diatas telah disebutkan jenis kabel UTP, sekarang mari kita lanjutkan dengan cara pemasangannya.
1. Kabel Striaght
Kabel Striaght befungsi untuk menghubungkan perangkat yang tidak sejenis ( ex: kom - hub ). Susunan warna pemasangan kabel ini pada umum ialah : Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat. Pada kedua ujung kabel ini kita pasang dengan susunan warna yang sama.
2. Kabel Cross
Sedangkan kabel Cross berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang sejenis (ex: kom-kom). Susunan umum pemasangan kabel ( ujung a) ini dengan warna : Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat. dan ujung kabel satunya (ujung b ) susunan warnanya sama dengan yang straight.

Disadur dari Shidik di http://www.buyau.co.cc/2008/12/kabel-jaringan.html
0 Responses

    About Me

    Dasar Pemikiran “Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh berbuat yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 104) “Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan menegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran : 110) “Dan (ingatlah) ketika suatu umat berkata, “mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?” mereka menjawab, “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Rabb-mu, dan suapya mereka bertakwa.” (QS. Al A’raf : 164)

    Followers